game online gratis

Inilah Beberapa Manfaat Game Edukasi untuk Anak

Manfaat Game Edukasi – Beberapa tahun belakangan ini game semakin berkembang dan memiliki banyak varian. Ada beberapa game yang bisa kamu mainkan, seperti game asah otak, game tentang edukasi, dan beberapa game lainnya. Apakah game memiliki dampak negatif? Tentu saja nggak semuanya, sob, karena ada beberapa manfaat game asah otak yang bisa didapat.

Selain itu, game juga bisa digunakan sebagai media pembelajaran, dan pastinya banyak  manfaat game dalam pembelajaran tersebut yang bisa diterapkan. Menyenangkan banget belajar sambil bermain game, kan? Game dirancang bukan hanya untuk orang dewasa saja, melainkan ada beberapa game yang bisa dimainkan oleh anak-anak.

manfaat game dalam pembelajaran

Anak-anak kok boleh main game? Eitzzz, for your information bahwaada beberapa manfaat game untuk anak, lho, apalagi game edukasi. Si anak bisa mendapatkan beberapa pengalaman dan pelajaran berharga dari sebuah game, kok. Nah, manfaat tersebut diantaranya adalah :

1. Mampu Menstimulasi Otak

Manfaat game edukasi yang pertama adalah mampu menstimulasi otak anak, karena biasanya game edukasi dirancang dengan berbagai bentuk, warna, dan juga tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Tujuannya supaya otak anak terbiasa dengan literasi untuk berpikir dan memecahkan masalah, sob. Melatih problem solving sejak dini itu bagus untuk perkembangan anak nantinya.

2. Mampu Menstimulasi Indra

Manfaat game dalam pembelajaran juga bisa menstimulasi indra, lho, karena strategi game yang diciptakan sudah melalui proses sedemikian rupa. Proses tersebut lah yang membuat kemampuan motorik anak tergali ketika si anak mencoba untuk meraba, menggenggam, dan memegang sebuah permainan. Dari sinilah indra anak mulai terasah dan mampu membedakan apa yang ada dihadapannya.

3. Membantu Melatih Fokus

Manfaat dari game berikutnya adalah dapat membantu anak dalam melatih fokus. Biasanya game edukasi selalu dirancang untuk konsentrasi saat melakukan permainan tersebut, sehingga si anak akan fokus terhadap permasalahan yang dihadapinya dan mencoba menyelesaikan permasalahan tanpa ada gangguan sekitar. Jadi, sebagai orang tua hanya mengawasi dan membimbingnya saja, ya.

4. Melatih EQ (Emotional Quotient)

Kecerdasan emosi juga bisa dilatih dengan sebuah game, sob. Game edukasi diciptakan sesuai dengan usia anak dengan tingkat kesulitan yang bertahap. Setelah si anak menyelesaikan permainan level 1, secara otomatis akan memiliki keinginan untuk menyelesaikan level berikutnya dengan penuh kesabaran. Mustahil jika si anak nggak tertarik untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi, hehehe.

5. Melatih Kecerdasan Sosial

Manfaat game edukasi yang terakhir adalah mampu melatih kecerdasan sosial anak, apalagi jika game yang dimainkan melibatkan orang lain sebagai lawan. Sebagai orang tua wajib mendampingi anak saat bermain game. Tujuannya untuk memberikan dukungan, arahan, dan pengawasan terhadap anak.

Wah, ternyata banyak juga manfaat game untuk anak, kan? Tapi, jangan lupa bawa anak untuk liburan juga supaya nggak stres di rumah terus. By the way selain permainan offline, kamu juga bisa mencoba untuk memberikan game edukasi secara online supaya lebih simpel. Jangan khawatir, karena banyak manfaat game online yang bisa didapat layaknya permainan offline.

Beberapa Game Edukasi Anak

Apakah semua game online berbayar? Tenang, kamu bisa mendapatkan game online gratis melalui solitaire.org, sob. Jadi, keuangan tetap aman tanpa harus membayar game, hehhee. Kamu bisa memainkannya melalui PC atau laptop supaya mendapatkan user experience yang menyenangkan. Mengapa sih harus menggunakan game online? Karena game online memiliki beberapa manfaat, seperti :

  • Belajar lebih menyenangkan.
  • Anak lebih aktif, atraktif, dan komunikatif.
  • Materi mudah dipahami oleh anak.
  • Melatih komunikasi dan kerjasama anak.
  • Anak menjadi lebih jujur.

Di solitaire.org kamu bisa menemukan beberapa game online edukasi yang ringan, gratis, dan variatif. Jadi, buat kamu yang sedang mencari game online terbaik, langsung saja kunjungi situs tersebut. Mimin kasih contoh beberapa game yang sudah mimin coba, ya. Pertama adalahDaily Same Game. Game online edukasi yang satu ini mampu melatih anak untuk mencari warna yang sama.

game online edukasi

Bukan hanya mencari warna, sob, melainkan juga bermain dengan waktu. Sebisa mungkin mencari warna yang sama sebanyak-banyaknya dengan durasi yang sudah ditentukan. Di sini, anak bisa menstimulasi otaknya untuk fokus terhadap warna yang akan dipilih dan diselesaikan. Pastinya ada skor yang bisa didapat, sehingga anak bisa mengulang permainan untuk mendapatkan skor tertinggi.

Ada juga game online edukasi lainnya yang bisa dimainkan, seperti Candy House. Game ini mencocokkan item secara vertikal dan horizontal. Item yang dicocokkan berdasarkan warna yang sama. Cukup menyenangkan manfaat game edukasi untuk melatih anak kita, sob.

manfaat game untuk anak

Game Candy House memiliki 50 level yang bisa dimainkan, pastinya dimulai dari level dan tingkat kesulitan yang paling rendah. Game online di laptop yang satu ini mampu melatih Emotional Quotient (EQ) anak, lho. Makin seru saja nih beberapa game online enteng dari Solitaire.

Eitzzz, jangan sedih. Masih banyak beberapa game online terbaik yang dimiliki oleh Solitaire, sob. Game online edukasiselanjutnya yang bisa kamu mainkan adalah Letter Scramble, yaitu game yang mengasah otak untuk menemukan beberapa huruf yang disediakan dan disusun menjadi sebuah kata. Kata yang digunakan adalah Bahasa Inggris.

Jadi, manfaat game edukasi yang didapat dari Letter Scramble selain menemukan huruf, si anak juga dapat melatih kemampuan dalam berbahasa Inggris. Wow, amazing banget, kan? Minimal huruf yang bisa di-submit adalah 3 huruf dan maksimal 10 huruf.

manfaat game edukasi

Pokoknya kamu bisa menemukan berbagai jenis game online gratis di Solitaire, sob. Tentu saja memiliki beberapa manfaat game untuk anak yang positif untuk tumbuh kembangnya. Nggak usah khawatir lagi dengan permainan yang disediakan, karena sebagai orang tua dapat membimbing dalam bermain game. Tapi, alangkah lebih baiknya juga diimbangi dengan olahraga apa pun yang disukai anak. So, langsung saja mainkan game yang disukai anak dan rasakan manfaat game dalam pembelajaran.

*****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *