tips cara mengatur keuangan

7 Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Kost

Cara Mengatur Keuangan untuk Anak Kost – Tinggal di perantauan merupakan hal yang wajar bagi beberapa pelajar atau mahasiswa. Bahkan mungkin nggak hanya pelajar atau mahasiswa saja, tetapi untuk para pekerja yang ditempatkan jauh dari rumah.

Perantauan juga nggak seburuk yang dibayangkan, kok, justru dengan merantau kamu dapat  belajar banyak hal mulai dari mandiri, memanfaatkan waktu sebaik mungkin, mendapatkan banyak pengalaman di kota orang, dan tentunya kamu juga akan belajar mengatur keuangan.

Berbicara mengenai mengatur keuangan, mimin ada tips cara mengatur keuangan bagi kamu para perantau yang tinggal di kost. Biasanya, hal yang sering dilakukan oleh anak kost ketika awal bulan yaitu berbelanja, tapi selalu kehabisan uang pada akhir bulan, kan? Kok tahu, min? Karena mimin juga pernah mengalami, sob, hehehe.

cara mengatur uang dengan baik

Jadi, di sini mimin akan membagikan pengalaman cara mengatur keuangan untuk anak kost yang bisa kamu terapkan. Pastinya cara ini mudah banget dilakukan bagi kamu mahasiswa rantau atau pekerja rantau.

1. Bedakan Kebutuhan Primer dan Sekunder

Cara mengatur uang anak kost yang pertama adalah mampu membedakan antara kebutuhan primer dan sekunder. Kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar yang didasarkan pada tuntutan biologis, sedangkan kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan pelengkap atau pendamping setelah memenuhi kebutuhan pokok.

Jadi, sebagai anak kost kamu harus paham banget bagaimana cara mengatur uang anak rantau. Tips-nya adalah jangan membeli barang atau sesuatu hal yang nggak terlalu penting atau nggak terlalu dibutuhkan, karena kalau kamu membeli barang yang nggak diperlukan, maka pengeluaran kamu akan lebih besar (banyak).

2. Usahakan Memasak Makanan Sendiri

Memasak menjadi kegiatan yang menyenangkan banget bagi orang yang memiliki keahlian memasak. Memasak makanan sendiri di kost akan lebih menghemat pengeluaran kita, lho, sehingga kamu mengetahui cara mengatur uang dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa memastikan makanan kamu itu higienis, kan?

3. Terapkan Prinsip Hemat

Cara mengatur keuangan untuk anak kost berikutnya adalah hemat. Hemat di sini maksudnya bukan berarti pelit juga, sob. Hemat yang dimaksud adalah membeli barang yang benar-benar dibutuhkan saja, dan jangan lupa tetap bersedekah kepada orang yang membutuhkan, ya, supaya habluminallah dan habluminannas beriringan.

cara mengatur keuangan untuk anak kost

For your information bahwa sedekah itu nggak akan membuat kamu menjadi miskin, justru akan menambah rezeki yang telah kamu dapatkan. Kamu juga bisa menyisihkan sedikit uang untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan, dan juga ditabung. At least kamu harus mampu menyisihkan 10% setiap bulan (dari hasil gaji atau kiriman orang tua) untuk ditabung atau investasi, sob.

4. Cuci Baju Sendiri

Anak rantau biasanya lebih memilih untuk mencuci baju di laundry, kan? Even nggak semua anak rantau sih, hehehe. Nah, mulai sekarang coba kamu cuci baju sendiri, pasti akan menghemat pengeluaran kamu, kok, apalagi jika kamu adalah mahasiswa. Sebagai mahasiswa, kamu juga harus tahu cara mengatur keuangan mahasiswa rantau. Beli saja deterjen dan pewangi pakaian di toko terdekat. Dari situ kamu juga belajar cara mengatur uang anak rantau dengan baik.

5. Bawa Minum Sendiri

Terkadanganak kost sekarang lebih memilih membeli minuman di luar. Padahal dengan membawa minuman sendiri dari rumah akan lebih hemat, lho. Bayangkan saja jika kamu membeli minuman di luar seharga 5 ribu per botol, dan dalam sehari misalnya kamu membutuhkan 3-4 botol, maka total biaya yang diperlukan adalah sebesar 10 ribu atau 20 ribu rupiah. Jika dimanfaatkan dengan baik uang itu dapat digunakan untuk keperluan lainnya, kan? Hemat, yuk!

6. Cari Potongan Harga atau Diskon

Potongan harga atau diskon ini cukup membantu bagaimana cara mengatur uang anak rantau. Kok bisa, min? Ya bisa, dong. Biasanya diskonan bisa kamu temukan di beberapa tempat, seperti warung makan, toko buku, department store, café, dsb. Lumayan banget jika harga makanan yang seharusnya 10 ribu, bisa menjadi 7 ribu atau 5 ribu saja, kan? Sisanya bisa digunakan untuk tabungan, hehehe.

7. Jangan Lupa Menabung

Menabung menjadi salah satu hal yang penting bagi anak rantau yang kost. Kamu nggak perlu menabung dengan jumlah yang besar, kok. Cukup dengan menyisihkan uang 2 ribu atau 5 ribu saja sudah sangat cukup, lho, atau mungkin bisa juga menerapkan sistem 10% dari penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan.

Kamu bisa menabung dengan memanfaatkan kaleng bekas sebagai celengan yang ada di kos. Gampang banget, kan? Semoga kamu bisa menerapkan cara mengatur keuangan untuk anak kost di kota rantau, ya. See you!!!

*****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *