bisnis sekitar pelabuhan

5 Peluang Bisnis di Pelabuhan yang Bisa Dicoba

Peluang Bisnis di Pelabuhan – Pelabuhan merupakan pintu gerbang perekonomian suatu negara. Bukan hanya tempat naik turunnya penumpang dari dan ke kapal atau bongkar muat barang saja, sob, namun di pelabuhan masih banyak kegiatan perekonomian lainnya yang dikelola oleh negara dan swasta.

For your information bahwa adanya pelabuhan mampu memberikan peranan penting dalam menunjang mobilitas barang dan manusia di negeri ini, lho. Kehadiran pelabuhan juga merangsang pertumbuhan kegiatan ekonomi, perdagangan, dan industri dari wilayah pengaruhnya. Pastinya banyak peluang bisnis di pelabuhan yang bisa dijalankan. Apa saja? Cekidot.

1. Pemasok Kebutuhan Logistik Kapal

Yup, setiap kapal dioperasikan oleh beberapa awak yang memiliki tugas masing-masing. Tentu saja setiap awak kapal memerlukan kebutuhan logistik, seperti makanan. Kapal dengan rencana perjalanan jauh akan memerlukan pasokan bahan makanan yang cukup banyak, dan kebutuhan tersebut akan dipersiapkan di pelabuhan keberangkatan.

Jadi, bagi kamu yang memiliki bisnis menjual sembako atau bahan makanan lainnya bisa menawarkan daganganmu kepada orang kapal. Tawarkan dengan harga dan pelayanan terbaik agar bisa menjalin kerja sama dengan orang kapal. Bisnis ini sangat menjanjikan mengingat kebutuhan bahan makanan di atas kapal yang nggak sedikit, sob.

2. Agen Pulsa  dan Paket Internet

Setiap orang zaman sekarang pasti nggak lepas dari yang namanya media sosial. Kebutuhan internet sudah menjadi hal wajib yang harus dipenuhi setiap orang. Bahkan sebagian orang menghabiskan waktunya hanya untuk bermain media sosial, lho. Nah, melihat potensi yang ada di pelabuhan dengan banyaknya penumpang naik turun kapal pasti menjadi udara segar bagi kamu yang berjualan pulsa atau paket internet. Banyaknya orang yang beraktivitas di pelabuhan menjadi peluang besar market pulsa atau paket internet. Yup, tunggu apalagi! Selagi pelabuhan masih berjalan, bisnis sekitar pelabuhan pun tetap akan berjalan.

3. Agen Tiket & Jasa Rapid Antigen

Digitalisasi dalam bidang penjualan tiket kapal penyeberangan sudah mulai dijalankan. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat pertumbuhan pengguna (user) yang membeli tiket penyeberangan via software Ferizy periode Januari – September 2021 mencapai 245.719 user atau tumbuh sebesar 58% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menjadi kabar baik untuk kita semua, kan?

Di sisi lain nggak semua masyarakat yang mampu mengakses aplikasi online tersebut. Masih banyak masyarakat yang kesusahan dan merasa terlalu ribet dengan pembelian tiket secara online. Hal ini menjadi peluang bisnis pelabuhan penyeberangan yang menjanjikan untuk sebuah agen tiket.

peluang bisnis di pelabuhan

Digitalisasi yang terjadi sedemikian rupa pasti ada sebagian orang yang enggan untuk belajar mengaksesnya. Sebagai contoh adalah para supir truk atau mobil logistik. Rata-rata para supir enggan membeli tiket online secara mandiri karena dianggap ribet. Maka dari itu, mereka akhirnya membeli tiket di agen-agen penjualan tiket yang ada di sekitar pelabuhan. Bagaimana? Menjanjikan banget, kan?

By the way berhubung masih pandemi, kamu juga bisa membuka jasa rapid antigen, lho. Bayangkan saja per orang dikenakan tarif sekitar 70-80 ribu, lalu dikalikan dengan ratusan orang dalam sehari, apa nggak bisnis banget, tuh? Auto kaya mendadak jika punya jasa rapid antigen, kan? Belum lagi jasa PCR yang harganya mahal banget. Pokoknya semua bisa jadi bisnis pelabuhan penyeberangan, deh.

4. Jasa Tour Guide

Melihat banyaknya tempat wisata yang indah di beberapa daerah di Indonesia membuat banyak orang yang ingin mengunjungi, dari sekian banyak penumpang kapal, pasti ada sebagian yang termasuk di dalamnya. Hal ini sangat berpeluang untuk para guide lokal untuk menawarkaan jasanya kepada mereka. Kamu bisa memberikan pelayanan terbaik membawa orang-orang berkeliling menikmati keindahan alam suatu daerah, sekaligus liburan.

Apalagi jika di pelabuhan barang, tentu para awak kapal akan bosan jika terus-menerus ada di atas kapal. Ada sebagian awak kapal yang memilih untuk berkeliling melihat keindahan daerah di mana kapal mereka sandar. Kamu bisa menawarkan jasa guide kepada awak kapal tersebut sebagai peluang bisnis di pelabuhan. Sehari atau dua hari pasti akan sangat menguntungkan.

5. Jasa Sewa Kendaraan Bermotor

Melihat poin sebelumnya, pasti ada sebagian awak kapal yang ingin menghabiskan sisa harinya untuk berjalan-jalan atau sekadar mengunjungi suatu tempat tertentu. Nah, untuk memudahkan mobilitas mereka, pasti dibutuhkan kendaraan bermotor untuk mereka gunakan baik roda dua atau roda empat.

Buat kamu yang memiliki kendaraan bermotor atau memiliki jasa sewa kendaraan, bisa banget menawarkan kendaraanmu kepada awak kapal tersebut. Jalin komunikasi yang baik dan berikan layanan yang membuat mereka tertaik untuk menyewa kendaraan dari mu. Menarik banget beberapa peluang bisnis di pelabuhan, kan?

****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *