5 Cara Mengelola Keuangan Bagi Karyawan Baru

Cara Mengelola Keuangan – Halo sobat millenial, gimana nih kondisi keuangan kamu? Baik-baik saja atau malah bingung gimana cara ngaturnya? Apalagi kalau kamu baru di terima kerja di suatu perusahaan, pasti masih memikirkan untuk bersenang-senang, bukan? Tapi jangan sampai terlena lho sob, bisa-bisa kamu nggak punya tabungan ketika membutuhkannya.

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan yang Baik?

Seram banget yah kalau misal kamu sampai nggak punya tabungan? Padahal pada masa depan, pasti kamu membutuhkannya, iya kan? Maka dari itu, yuk intip 5 cara mengelola keuangan versi “Suara Millenial” di bawah ini :

1. Buat Wishlist Kebutuhan

Agar cash flow sobat millenial menjadi jelas, maka harus membuat sebuah wishlist kebutuhan setiap bulan. Tujuannya adalah agar tidak ada tagihan membengkak atau pun kekurangan budget untuk hal lainnya. Rutin membuat catatan atau pun hanya sekedar wishlist, maka sobat millenial dipastikan memiliki pengelolaan keuangan yang lebih baik dari sebelumnya.

2. Sisihkan 30% Dari Pendapatan

Nah, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan di masa mendatang, sobat millenial wajib menyisihkan sebesar 30% dari pendapatan. Ingat! Dana 30% ini jangan digunakan untuk hal-hal yang nggak terlalu penting yah, Sob. Contoh, misal gaji kamu Rp. 3.500.000,-/bulan maka 30% nya sebanyak Rp. 1.050.000 harus disisihkan sebagai dana darurat.

3. Memiliki Rekening Lebih dari Satu

Tujuan dari memiliki rekening lebih dari satu adalah untuk menyimpan dana 30% tadi, Sob. Nah, yang perlu diingat dalam memilih rekening adalah biaya bulanannya. Saat ini sudah banyak beberapa bank yang memiliki produk tabungan bebas biaya bulanan.

4. Manfaatkan E-Money untuk Lifestyle

Pastinya era digital ini semakin memudahkan kita untuk melakukan transaksi apapun termasuk berbelanja. Mulai sekarang saatnya kita memanfaatkan e-money yang memiliki banyak keuntungan seperti cashback dan juga diskon. Macam-macam e-money yang dapat kamu manfaatkan adalah OVO, Go-Pay, T-Cash, QR ku, Bebas Bayar, dan beberapa uang elektronik lainnya.

5. Relakan 2.5% untuk Sedekah

Jadi, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Yuk, selalu berbagi kepada sesama dengan cara sedekah 2.5% dari penghasilan kita, Sob. Sedekah bukan berarti uang kita hilang kok. Contoh, misal gaji kamu Rp. 3.500.000,-/bulan maka 2.5% yang harus kamu sedekahkan hanya sebanyak Rp. 87.500, bukan kah nominal tersebut sangat terjangkau? Dilebihkan juga boleh lho hehehe.

Fyi nih sobat millenial, bahwa sedekah itu dapat menambah rezeki kita sebanyak 10x lipat bahkan lebih, bukankah dengan sedekah hidup kita makin bahagia karena telah membahagiakan orang lain?

Yup, itu tadi 5 tips keren cara mengelola keuangan. Semoga bermanfaat yah, Sob. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah, dan juga share artikel ini agar teman-teman kamu juga mengetahui informasi penting seputar cara mengelola keuangan. Sampai jumpa pada tip berikutnya.

6 Replies to “5 Cara Mengelola Keuangan Bagi Karyawan Baru”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *