cara membeli reksa dana dan saham

Bagaiamana Cara Membeli Reksa Dana dan Saham?

Cara Membeli Reksa Dana dan Saham – Pertanyaan yang sering muncul dan banyak ditanyakan oleh investor pemula adalah bagimana cara membeli reksa dana dan saham yang tepat. Oh, iya. Sobat millenial wajib tahu bahwa ada yang namanya reksa dana saham dan saham. Walaupun keduanya sama-sama investasi, namun memiliki pengertian yang berbeda.

Reksa dana saham adalah kumpulan produk investasi yang memiliki Manajer Investasi (MI) sebagai pengelola dana nasabah. Sedangkan saham adalah bukti kepemilikan atas sebuah perusahaan tertentu. Wuihhh, sudah berasa sultan jika sudah punya saham, kan? Hehehe. Uang yang kita miliki jangan hanya digunakan untuk traveling, melainkan untuk investasi juga, sob.

Cara Membeli Reksa Dana dan Saham

Jadi, artikel kali ini mimin akan membahas mengenai cara membeli reksa dana dan membeli saham online dengan bahasa yang ringan banget, dan cocok untuk orang awam seperti mimin (mimin juga masih pemula, kok). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum menentukan pembelian. Diantaranya adalah :

1. Beli Saat Harga Turun

Hal pertama yang harus diketahui adalah membeli reksa dana atau saham yang layak dibeli saat harganya turun. Asumsinya supaya ada kenaikan harga (imbal hasil) saat melakukan penarikan. Jangan berharap bahwa sebulan sudah mendapat keuntungan yang besar banget, karena rata-rata sifatnya memiliki jangka waktu pendek, menengah, dan panjang.

2. Sering Membaca Artikel

Kamu juga harus sering membaca artikel tentang keuangan dan perkembangan ekonomi, selain itu baca juga artikel tentang isu politik, sob. Mengapa? Supaya kamu lebih aware lagi mengenai investasi. Ada juga beberapa artikel yang khusus membahas jenis investasi reksa dana dan saham. So, jangan malas untuk membaca, ya.

3. Coba dengan Nominal Kecil

Kamu bisa memulai dengan nominal kecil, tujuannya supaya memahami alurnya terlebih dahulu. Setelah paham dengan alur dan perkembangannya, baru deh kamu bisa melanjutkan dengan nominal besar. Sedikit demi sedikit yang penting bisa membentuk habbit, sob. Benar gak?

4. Jangan Terburu Nafsu

Nggak ada masalah jika kamu ikut-ikutan para senior, hanya saja increase terlebih dahulu pengetahuan kita tentang investasi. Jangan mudah tergiur dengan keuntungan semata, karena yang lebih penting adalah prosesnya. Set your mind bahwakamu butuh masukan dari berbagai arah, dan kosongkan gelas terlebih dahulu sebelum menerima ilmu baru dari orang lain.

5. Banyak Belajar

Belajar pada era digital seperti saat ini mudah banget, dan bisa dilakukan melalui webinar, YouTube, dan media sosial di mana pun dan kapan pun. Biasanya narasumbernya adalah orang-orang yang sudah paham banget mengenai investasi. Banyak belajar membuat kita semakin aware dengan investasi.

beli saham di ajaib

Jadi, sobat millenial sudah tahu cara beli reksa dana online dan saham, kan? Kalau mimin beli saham di Ajaib dan beli reksa dana di Bareksa, sob. Kamu pakai aplikasi apa? Apapun aplikasinya, yang penting kamu sudah aware dengan investasi itu sudah bagus, kok. Jangan menunda-nunda untuk investasi, lebih baik terlambat daripada tidak, kan? Karena beli saham adalah cara termudah untuk investasi menggunakan aplikasi. Mengelola keuangan itu penting banget dilakukan oleh para sobat millenial untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik.

Semoga artikel cara membeli reksa dana dan saham ini bermanfaat ya, Sob. Jangan lupa tinggalkan komentar di bawah. Jika dirasa bermanfaat, boleh juga share artikel ini agar teman-teman kamu juga mengetahui informasi penting seputar investasi online. Sampai jumpa di artikel keuangan berikutnya.

6 Replies to “Bagaiamana Cara Membeli Reksa Dana dan Saham?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *