protein berfungsi sebagai

Beberapa Jenis-jenis Protein yang Perlu Kamu Ketahui!

Jenis-jenis Protein – Tubuh manusia memerlukan asupan nutrisi setiap hari, salah satunya adalah protein, sob. Bagaimana cara mendapatkan protein, Min? Pastinya dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati dan protein hewani. Protein itu sendiri merupakan salah satu dari jenis zat gizi makro yang dibutuhkan oleh tubuh.

Zat gizi dalam protein terdiri dari beberapa unsur kimia seperti karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), dan nitrogen (N). Selain itu, ada unsur lain juga, seperti fosfor dan sulfur yang ikut andil dalam proses pembentukan protein, lho.

Beberapa makanan yang mengandung protein adalah daging ayam tanpa lemak, daging sapi, telur ayam, susu dan yogurt, keju, ikan tuna, brokoli, gandum, tahu dan tempe, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Nah, beberapa makanan tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di pasar, kan?

Jangan sampai tubuh kamu kekurangan protein, ya, karena protein bagi tubuh berguna untuk menyembuhkan luka lebih cepat, memproduksi sel darah putih, membuat kulit lebih sehat, membangun sel kulit baru, dan menghindari pembengkakan, sob. Inilah beberapa Jenis-jenis Protein yang perlu kamu ketahui.

protein bagi tubuh berguna untuk

Protein Struktural

Protein pertama yang harus kamu ketahui adalah protein struktural. Protein ini memiliki tugas dan fungsi untuk mempertahankan, mendukung, dan membangun struktur sel tubuh yang rusak menjadi lebih baik, sob.

Protein Antibodi

Kedua, adalah protein antibodi, yang sering disebut juga dengan protein defensif pelindung tubuh. Fungsinya apa, Min? Jadi, fungsi dari protein antibodi adalah sebagai pengikat partikel asing berupa virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Protein Transport

Protein transport berfungsi membawa dan mengikat molekul kecil sel ke seluruh tubuh, seperti hemoglobin yang memiliki tugas mengikat oksigen dan menyebarkannya ke seluruh jaringan tubuh. Itulah mengapa disebut dengan protein transport.

Protein Penggerak

Protein keempat yang harus kamu ketahui adalah protein penggerak, protein ini berguna untuk menggerakkan otot-otot tubuh, sob, sehingga cocok banget bagi kamu pencinta olahraga maupun atlet yang memang sering bergerak setiap hari.

Protein Enzim

Protein enzim diperlukan banget dalam proses biokimia, sehingga tubuh mampu mengubah zat makro menjadi bentuk yang lebih sederhana. Protein enzim memiliki molekul yang besar.

Protein Hormon

Protein yang berguna untuk mengatur fungsi dan tindakan hormon tubuh, sehingga mampu bekerja mengirimkan pesan kimia melalui darah.

Protein Pengikat

Ketujuh adalah protein pengikat. Protein ini berfungsi menyimpan asam amino dan ion logam tubuh, serta berperan sebagai cadangan makanan untuk menghasilkan energi saat dibutuhkan.

jenis-jenis protein

Di dalam tubuh manusia, protein berfungsi sebagai sumber energi, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, membentuk hormon dan enzim, dan membentuk antibodi. Maka dari itu, jangan lupa konsumsi protein sesuai dengan tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG), yaitu bagi pria usia 17–60 tahun disarankan perlu mengonsumsi protein sekitar 62–66 gram per hari, dan bagi wanita usia 17–60 tahun disarankan perlu mengonsumsi protein sekitar 56–59 gram per hari. Salah satu penyebab kamu sehat adalah protein.

Jenis-jenis protein terbentuk dari bahan pembangun yang dikenal dengan asam amino. Jadi, terdapat sekitar 20 jenis asam amino, sob. Nah, 9 diantaranya merupakan asam amino esensial. Ada 9 jenis asam amino essential yang memengaruhi pembentukan protein, yaitu Isoleusina, Lisina, Metionina, Treonin, Valina, Histidina, Leusina, Fenilalanina, dan Triptofan. Gimana? Sudah tahu mengenai protein dan jenis-jenis protein, kan? Jadi, mulai sekarang jangan lupakan konsumsi protein, ya.

*****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *