tenaga kerja disabilitas

Disabilitas dan Kesempatan Kerja Bagi OYPMK di Indonesia

Disabilitas dan Kesempatan Kerja – Indonesia merupakan negara yang menduduki posisike-3 dengan kategori penderita kusta terbanyak di dunia. Apakah ini sebuah prestasi? Tentu saja nggak, sob. Lalu, bagaimana nasib penderita kusta di Indonesia? Apakah memiliki kesempatan kerja seperti orang pada umumnya?

“Kusta adalah penyakit kulit yang bisa mengganggu syaraf sensorik, motorik, dan otonom.”

Angga Yanuar (MPID NLR Indonesia)

Pembahasan seperti ini memang menarik banget untuk diketahui, karena biasanya penderita kusta itu dianggap disabilitas. Apakah kita harus mendiskriminasi? Tentu saja nggak. Penderita kusta dan orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) ini adalah orang-orang yang wajib kita dampingi. Supaya apa? Supaya tetap bisa berkarya dan berprestasi.

disabilitas di lingkungan kerja

Sedangkan arti dari disabilitas adalah orang yang mengalami atau memiliki keterbatasan fisik, intelektual, mental, dan atau sensorik dalam jangka waktu tertentu, bahkan lama. Yuk, saatnya kita bersama-sama untuk mendukung disabilitas berprestasi agar sama-sama memiliki haknya sebagai warga negara Indonesia.

Pasti diantara kita ada orang disabilitas di lingkungan kerja, kan? Lalu, apa yang harus kita lakukan? Pastinya sebisa mungkin hindari diskriminasi dalam bentuk apapun kepada tenaga kerja disabilitas. Ciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan bagi kita semua.

Tanggal 15 Juni 2021, mimin mengikuti sebuah acara Ruang Publik bersama KBR dan NLR Indonesia melalui YouTube. Bintang tamu yang dihadirkan adalah Angga Yanuar (Manajer Proyek Inklusi Disabilitas NLR Indonesia), Zukirah Ilmiana (Owner PT Anugrah Frozen Food), dan Muhammad Arfah (Pemuda OYPMK). Acara ini berlangsung 1 jam yang dipandu oleh Rizal Wijaya.

disabilitas dan kesempatan kerja

Pastinya pembahasan tentang disabilitas dan kesempatan kerja menarik banget untuk mimin tulis, sob, karena disabilitas di tempat kerja pasti ada dan wajib diperlakukan sama. Artinya sama-sama bekerja tanpa adanya diskriminasi.

Di PT Anugrah Frozen Food sendiri pernah memberikan kesempatan magang atau praktik untuk disabilitas. Tentu saja hal ini patut dicontoh oleh beberapa perusahaan lain, karena disabilitas di Indonesia masih banyak yang berprestasi, pintar, dan memiliki semangat yang tinggi. Bukan kah sebagai pemilik perusahaan wajib memberikan kesempatan tersebut? Termasuk penderita kusta dan OYPMK.

Kusta di Indonesia memang trennya sudah menurun, tapi orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) banyak, sehingga disabilitas dan kesempatan kerja perlu ditekankan. Misalnya saja pemerintah memberikan sanksi tertentu kepada perusahaan yang menolak disabilitas, atau hal lainnya. Sebetulnya kita semua wajib waspada terhadap kusta, rangkul penderita, dan menangani penderita kusta ataupun disabilitas.

kusta adalah

Apa yang harus dilakukan oleh disabilitas dan penderita kusta? Bagaimana kondisi mental yang dialaminya? Jadi, ada beberapa tips dari salah satu orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK), Muhammad Arfah yang bisa diterapkan bagi para penderita kusta, diantaranya adalah :

1. Harus Kuat

Tanamkan dalam diri sendiri bahwa kita memang harus kuat, karena kusta adalah penyakit yang bisa disembuhkan. Mengapa harus kuat? Karena akan mengalami berbagai macam cobaan, sob.

2. Mindset Pasti Bisa

Tanamkan juga mindset bahwa “pasti bisa” dan mampu. Artinya kita bisa memiliki kesempatan yang sama seperti orang lain, seperti disabilitas dan kesempatan kerja. Sesungguhnya “bisa” itu tergantung dari diri kita sendiri, mau maju atau nggak.

3. Terus Lakukan Pengobatan

Pengobatan kusta di puskesmas gratis, kok. Jadi, para penderita kusta harus rajin dan disiplin dalam melakukan perawatan dan pengobatan, supaya bisa segera sembuh.

4. Tetap Percaya Diri

Ya, siapa pun wajib percaya diri. Kepercayaan diri yang dimiliki oleh penderita kusta tak lain adanya dukungan dari keluarga dan support system orang sekitar.

disabilitas berprestasi

Tenaga kerja disabilitas juga butuh makan untuk hidup, maka dari itu berikan kesempatan bagi mereka untuk bekerja dan mengasah kemampuannya. Mimin salut banget bagi perusahaan dan UMKM yang memberikan kesempatan kepada disabilitas berprestasi dalam pulihkan ekonomi. Jika bukan kita, lalu siapa lagi?

*****

4 Replies to “Disabilitas dan Kesempatan Kerja Bagi OYPMK di Indonesia”

  1. Bener banget nih … kak Joe Chandra, karena disabilitas juga manusia yang perlu makan dengan kehidupan yang layak, yuk … bantu mereka bagi perusahaan kasih lowongan pekerjaan buat mereka, salut dengan PT. Anugerah Food Frozen

  2. Semoga talk show edukasi seperti ini semakin banyak dan sering dilakukan ya Mas, biar masyarakat semakin paham apa itu kusta dan berbagai permasalahan kusta lainnya. Dan nggak hanya KBR dan NLR Indonesia aja yang vokal soal kusta, tapi juga banyak lembaga lainnya.

    Jadi inget di tempat kerja dulu juga ada penyandang disabilitas, tapi kami semua tetap bergaul seperti biasa, nggak pernah membeda-bedakan satu sama lainnya. Kami sadar, semua sama di mata Tuhan. BTW, mampirlah ke blog anyar ane, tanyakenapadotwebdotid, hehehe. Makasih Mas Joe and sukses terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *