cara mengobati gusi bengkak

5 Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Kenali Penyebabnya

Cara Mengobati Gusi Bengkak – Apa hal yang membuatmu nggak semangat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari? Ada masalah dengan pacar? Permasalahan keluarga? Permasalahan hidup yang semakin menumpuk? Atau sedang nggak mood buat mengerjakan pekerjaanmu? Ah, itu mah sakitnya nggak seberapa, sob.

Kamu pasti pernah merasakan gusi bengkak dan sakit, kan? Sumpah! Gusi bengkak itu nggak enak banget, lho. Mau mengerjakan sesuatu pun auto nggak mood. Jika mengalami gusi bengkak, pasti langsung antibiotik untuk gusi bengkak, kan? Tapi, itu nggak membuat gusi langsung sembuh, sob.

Coba cari cara mengobati gusi bengkak supaya nggak kambuh lagi, atau bahkan mencari apa penyebab gusi bengkak yang kamu alami, supaya cepat sembuh dan aktivitas sehari-hari menjadi lancar. Mimin pun pernah mengalami gusi bengkak karena ada infeksi di gusi. Lalu, apa saja penyebab gusi bengkak?

  • Malas Sikat Gigi

Masih banyak orang yang merasa malas untuk menyikat gigi sebelum tidur. Padahal jika kamu nggak menyikat gigi akan menimbulkan plak dan karang gigi, lho, sehingga gusi mudah sakit dan bengkak. Terkadang ada juga yang sampai mengeluarkan nanah.

  • Wanita Hamil

Kehamilan juga menjadi faktor penyebab gusi bengkak karena terjadinya perubahan hormon, sob. Selain itu, peningkatan darah dalam tubuh juga meningkat pada wanita hamil, sehingga berakibat sistem imun wanita hamil menjadi melemah.

  • Kurang Vitamin C

Cukupi asupan Vitamin C supaya kamu nggak mudah sariawan. Sariawan yang kamu alami nggak hanya membuat lidah dan bibir bengkak, namun juga gusi bisa menjadi bengkak akibat sariawan yang diderita. Maka dari itu cukupi asupan Vitamin C, ya.

  • Pengaruh Obat

Bisa jadi gusi bengkak karena disebabkan oleh pengaruh obat-obatan tertentu. Obat-obatan tersebut adalah antiepilepsi, kortikosteroid, dan kontrasepsi hormonal yang menimbulkan gusi bengkak. Makanya perlu hati-hati dalam mengonsumsi obat.

  • Menggunakan Behel

Penggunaan behel atau kawat gigi juga menyebabkan gusi bengkak, lho, karena gusi akan bergesekan dengan plat gigi palsu dan kawat gigi setiap hari. Namun, gusi bengkak akibat behel nggak akan lama, kok. Hanya butuh penyesuaian dengan mulut saja.

  • Merokok

Gaya hidup dan kebiasaan merokok juga dapat membuat gusi bengkak, karena perokok memiliki sistem kekebalan tubuh yang menurun, sehingga lebih mudah terserang oleh beberapa bakteri. Sebisa mungkin kurangi dan hindari merokok.

gusi bengkak dan sakit

Dari beberapa penyebab gusi bengkak dan sakit di atas, pasti ada solusi terbaik, kan? Yup, ada, dong. Jadi, kamu bisa mencoba beberapa cara mengobati gusi bengkak yang bisa dilakukan di rumah, sob. Cara ini pun harus menjadi kebiasaanmu setiap hari supaya gigi dan gusi selalu sehat dan terawat.

1. Pilih Pasta Gigi yang Tepat

2. Rajin Menyikat Gigi Setiap Hari

3. Gunakan Benang Gigi

4. Kompres Gusi dengan Es

5. Makan Makanan Bernutrisi

Begitulah cara mengobati gusi bengkak yang perlu kamu perhatikan. Yuk, atasi gusi bengkak dengan segera supaya sakitnya nggak berlarut-larut, sob. Jika semua kondisi tubuh kita baik-baik saja, maka aktivitas sehari-hari pun akan menjadi lancar. Mimin harap artikel tentang cara mengobati gusi bengkak ini bermanfaat dan membantu permasalahan gusimu. See you on my next article.

*****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *